Pengaruh Komunikasi Pemasaran dan Kerelasian Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah di PT Bank Nagari Cabang Pasar Raya Kota Padang

Maria - Magdalena, Lidya Martha, Ingat Budi Berkat, Kristian Zilliwu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh komunikasi pemasaran terhadap loyalitas nasabah dan seberapa besar pengaruh kerelasian nasabah terhadap loyalitas nasabah di PT Bank Nagari Cabang Pasar Raya Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dimana instrumen dari penelitian ini adalah membagikan kuesioner kepada responden. Populasi penelitian ini adalah nasabah peminjam kredit di PT Bank Nagari Cabang Pasar Raya Kota Padang dangan jumlah populasi sebanyak 997 orang dan dengan jumlah sampel 91 responden. Kemudian dilakukan analisis terhadap data yang telah didapat meliputi uji validitas, uji realibilitas, uji total capaian responden, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas), uji regresi berganda, uji korelasi dan koefisien determinasi (R²), uji hipotesis melalui uji T dan uji F.Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah sedangkan kerelasian nasabah berpengaruh tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah di PT Bank Nagari Cabang Pasar Raya Kota Padang. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran dan kerelasian nasabah secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah di PT Bank Nagari Cabang Pasar Raya Kota Padang.

 


Full Text:

PDF

References


Dewi, S. P. (2012). Pengaruh pengendalian internal dan gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan di SPBU (studi kasus pada SPBU anak cabang oerusahaan RB. Group). Jurnal Nominal, I(1). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Djatmiko, B. (2013). Terhadap Loyalitas Nasabah ( Studi Pada Nasabah BRI Unit Sudirman - Bandung ), X(3).

Febrianingtyas, M., Arifin, Z., & Fanani, D. (2014). PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH ( Survey pada Nasabah Bank Jawa Timur Cabang Gedung Inbis Malang ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 9(2), 1–10.

Hanum, F., Slamet, L., & Sriwahyuni, T. (2015). Kontribusi Minat Belajar Dan E-Learing Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Komputer Dan Jaringan SMK Negeri 1 Air Putih Kabupaten Batubara Sumatera Utara. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika & Informatika, 3(1), 76–88.

Kadek, L., & Martini, B. (2013). Relationship Marketing , Customer Satisfaction , Customer Commitment Dan Customer Loyalty ( Studi Pada Sebuah Bank Nasional Di Denpasar ). Buletin Studi Ekonomi, 18(1), 9–25.

Lestari, W., Purnamawati, I. G. A., & Sinarwati, N. K. (2015). Kualitas Kredit Terhadap Keputusan Pemberian Kredit Di Pt . Bank Pembangunan Daerah Bali Cabang Singaraja, 3(1).

Limakrisna, N. (2008). Pengaruh Komunikasi Pemasaran dan Kerelasian Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah. Jurnal Ekonomi Bisnis, 13(7), 68–79.

Meyta Pritandhari, Siswandari, A. L. R. (n.d.). STRATEGI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC) UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS ANGGOTA BMT AMANAH UMMAH SUKOHARJO, (Imc).

Ningrum, D. A. S. (2015). PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN WISATA KUSUMA TIRTA MINAPOLITAN TERHADAP PENINGKATAN KUNJUNGAN WISATA BAHARI DI KABUPATEN SIDOARJO. Manajmen.

Nurdiansyah, W. (2015). PENGARUH CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR HONDA SCOOPY (Suatu Survey Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pasundan Bandung). Manajemen, 1–29.

Purwanto, A. B., & Widodo, U. (2016). MODEL PENGEMBANGAN KOMUNIKASI PEMASARAN DAN DAN LOYALITAS KONSUMEN ( STUDI PADA UMKM DI KOTA SEMARANG ) Model Development Communication Marketing And Product Quality In Order To Achieve The Trust And Consumer Loyalty ( Study in UMKM Semarang ) Fokus Ekono. Jurnal Manajemen, 51–70.

Saputri, R. R., & Suprihhadi, H. (2015). Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Sanggar Senam Wanita Difana. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 4.

Sefesiyani, A. (2015). Pengaruh Relationship Marketing (Pemasaran Relasional) Terhadap Kepuasan Nasabah Serta Dampaknya Pada Loyalitas Nasabah. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 28 No. 2 November 2015, 28(2), 1–8.

Triyanto, A. (2009). Organizational Citizenship Behavior ( OCB ) Dan Pengaruhnya Terhadap Keinginan Keluar dan Kepuasan Kerja Karyawan. Jurnal Management, 7(4), 1–13.

Wijayanti, D. R. (2015). Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Bank terhadap Penyaluran Kredit (Studi Kasus Bank Perkreditan Rakyat Jawa Timur), 1–20.

Wijayanto, N. and A. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Tupperware (Studi Pada Konsumen Tupperware di Universitas diPonegoro). Administrasi Bisnis (JAB), 2(1), 89–97.




DOI: https://doi.org/10.31575/jp.v2i3.117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL PUNDI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

DITERBITKAN OLEH SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI KBP

JL. KHATIB SULAIMAN NO. 61 PADANG SUMATERA BARAT

TELP  : (0751) 7051398 / 0811667831
Email : support@akbpstie.ac.id
WEB   : www.akbpstie.ac.id

Hak Cipta (c) 2018 oleh  Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KBP - Jurnal Pundi
Creative Commons License

 

Indexed in :