Customer Satisfication Pada Pembelian Smartphone Samsung Dilihat Dari Trust In Brand, Brand Image Dan Word Of Mouth Di Sarana Smartphone Kota Solok

Febsri Susanti, Doni Marlius, Suci Kahirumi

Abstract


This competition appears along with the development of increasingly sophisticated technology, encouraging various types of changes system in the world for example in the business world changes system such as system in trading, marketing, how to make transaction, and delivery of information still changing. The purpose of this study is to examine the effect of the trust in brand, brand image dan word of mouth terhadap customer satisfication purchases samsung smartphone in Sarana Smartphone Solok City. This research is a quantitative method, using the technique of multiple linear regression. The sample in this study amounted to 65 customers. Techniques used in collecting data is the spread of questionnaires, interviews and observation. This study uses SPSS  Version 16 to calculate and analyze data. The results showed that the partially trust in brand, brand image had a positive and significant effect, while word of mouth had not significant effect on customer satisfaction purchases samsung smartphone in Sarana Smartphone Solok City.

Full Text:

PDF

References


Apriliani, R. A. E. (2019). Pengaruh Brand Trust, Brand Equity dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Teh Botol Sosro di Wonosobo). Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 6(2), 112–121. https://doi.org/10.32699/ppkm.v6i2.687

Aryani, D., & Rosinta, F. (2010). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dalam membentuk loyalitas pelanggan. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Organisasi, 17(2), 114–126.

Citra, P., Dan, M., Terhadap, K., Melalui, K., Pembelian, K., & Variabel, S. (2015). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas terhadap Kepuasan Konsumen melalui Keputusan Pembelian sebagai Variabel Intervening. Management Analysis Journal, 4(2), 153–162. https://doi.org/10.15294/maj.v4i2.7824

Desy, L. D. I., & Rahmat, H. (2017). pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. 5(1), 15–24.

Djunaidi, D., & Subagyo, H. (2020). Pengaruh Service Scape dan Brand Image Terhadap Kepuasan Konsumen di SK Coffee Lab Kota Kediri. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 5(1), 1. https://doi.org/10.30737/ekonika.v5i1.830

Enggar, Y., Satriyono, G., & Nursamsu. (2019). Pengaruh Word Of Mouth ( WOM ) Dan Brand Image Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Foto Pada Studio Foto 4 Warna Photography Kota Kediri. JIMEK, 2(1), 137–150.

Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 175–182. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.251

Juliani Leliga, F. (2012). Analisa Pengaruh Brand Image Terhadap Customer Loyalty Dengan Customer Satisfaction Sebagai Mediator Pada The Dreamland Luxury Villas And Spa, Bali. 1–14.

Kurniawati, T., Irawan, B., & Prasodjo, A. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Brand Image Terhadap Kepuasan Konsumen Restoran Pizza Hut Cabang Jember. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 6(2), 147. https://doi.org/10.19184/ejeba.v6i2.11159

Nugroho. (2005). Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta: ANDI.

Nurifadila, Sutomo, M., & Asriadi. (2015). Pengaruh Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Merek Sepeda Motor Merek Honda Nurfadila. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako, 1(3), 319–332. Retrieved from jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Fekon/article/download/10633/8352

Prasetiyo, B., Ekonomi, F., Nasional, U., Hidayat, T., Ekonomi, F., & Nasional, U. (2019). PENGARUH PROMOSI DAN WORD OF MOUTH TERHADAP. IV(1), 937–952.

Rahayu, Y. M., Budiyono, R., Rachmawati, M., Tinggi, S., Ekonomi, I., & Artikel, R. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pealayanan, dan Customer Value Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome Di PT Telkom Semarang. (2), 20–29.

Ramadhani, D. (2018). Pengaruh citra merek dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan. Jurnal Riset Sains Manajemen, 445–449. Retrieved from http://www.ejurnal.id/index.php/jsm/article/view/198

Siti, N. (2017). Pengaruh citra merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian handphone samsung di yogyakarta. IV(2), 60–69.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2017a). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2017c). metode penelitian bisnis. Bandung.

Suhardi, S., & Carolin, F. A. (2019). Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Customer Loyalty Semen Holcim Pada Pt. Kinco Prima Kota Batam. Jurnal Benefita, 1(1), 39. https://doi.org/10.22216/jbe.v1i1.3404

Tombokan, F., Kawet, L., & Uhing, Y. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Taplus BNI Kantor Cabangn Utama Manado. Citra… 552 Jurnal EMBA, 3(3), 552–561.

Winatapradja, N. (2013). Ekuitas Merek Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Donat J.Co Donuts & Coffee Di Manado Town Square. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 958–969.

Albari & Anita Liriswati. (2014). “Analisa Minat Beli Konsumen Sabun Cair Lux,Biore dan Life buoy di Kotamadya Yogyakarta Ditinjau dari Pengaruh Sikapnya Setelah Melihat Iklan di Televisi dan Norma Subyektif.Jurnal Manajemen.

Ferrinadewi. (2018). Pengaruh Threat Emotion Konsumen Dan Brand Trust Pada Kepuasan Produk Susu Anlene Di Surabaya. Jurnal Kewirausahaan

Finanda, Iknesya & Arjuna Wiwaha. (2017). Pengaruh Word Of Mouth Dan Brand Image Terhadap Keputusan Penggunaan Salon Kecantikan Pada Konsumen Miloff Beauty Bar. ISSN : 2337-6686.

Kiswalini, Nurcahya. (2014). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, dan Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian, Jurnal Ekonomika, Volume 1 nomer 3, Universitas Udayana, Bali, Indonesia.

Kotler, Philip & Armstrong, Garry. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1,. Erlangga, Jakarta

Kotler & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13 Jakarta: Erlangg.

Kurniawan. (2016). BELAJAR Mudah SPSS Untuk Pemula. Jakarta: Mediakom.

Malik et, all. (2013). Impact of Brand Image, Service Quality and Price on Customer Satisfaction. International Journal of Business and Social Science, Vol. 3, No. 23.

Mamahit, Philius., Soegoto, Agus Supandi. & Tumbuan, Willem Alfa. (2015). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota All New Yaris Pada PT. Hasjrat Abadi Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Volume 15 No. 05 Tahun 2015

Ni’mah, F. N. U. (2016). Pengaruh Harga, Promosi, Citra Merek, Dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Produk Bakmi Mewah Di Kota Semarang). Psi Udinus. Hal 1-15

Rembon, Manake & Gunawan (2017). Pengaruh Word Of Mouth Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt.Kangzen Kenko Indonesia Di Manado. Jurnal Manajemen

Samuel, Hatane& Foedjiawati. (2015). “Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Kesetiaan Merek (Studi Kasus Restoran The Prime Steak & Ribs Surabaya)”Jurnal Manajemen & Kewirausahaan Vol. 7 Surabaya: UKP Surabaya.

Saputra. (2010). Pengaruh Brand Image Terhadap Kesetiaan Pengguna Smartphone Iphone. Jurnal Sosioteknologi Vol.13 No.3

Sarwono. (2009). Metode Riset Skripsi Pendekatan Kuantitatif (Menggunakan Prosedur SPSS).

Setiawan, Michelle & Djoko. (2017). Pengaruh Gaya Hidup, Brand Image, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Oppo Smartphone.Jurnal Manajemen.

Suhardi & Febryani. (2019). Pengaruh Brand Exposure Dan Brand Experience Terhadap Brand Trust Dan Brand Recall (Studi Pada Produk Smartphone Di Wilayah Kota Malang). Jurnal Ekobis No.2

Sumardy. (2011). The Power of Word of Mouth Marketing. Jakarta. Gramedia Pustaka. Utama.

Susilowati & Sumarto (2010). Membangun Brand Loyalty Melalui Brand Trust Dan Customer Satisfaction. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis. 10.1234/jrebis.v10i1.29.

Sutisna, (2013). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Cetakan Ketiga. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis, pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, Kombinasi, dan R&D.

Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran, Edisi 3, ANDI: Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.31575/jp.v5i1.307

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL PUNDI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

DITERBITKAN OLEH SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI KBP

JL. KHATIB SULAIMAN NO. 61 PADANG SUMATERA BARAT

TELP  : (0751) 7051398 / 0811667831
Email : support@akbpstie.ac.id
WEB   : www.akbpstie.ac.id

Hak Cipta (c) 2018 oleh  Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KBP - Jurnal Pundi
Creative Commons License

 

Indexed in :