PENGARUH KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DARING DI APLIKASI SHOPEE PADA MAHASISWA DI KOTA PADANG

Maizul Rahmizal, Rido Yuvendri

Abstract


   Fast traslate Icon translate    Fast traslate Icon translate Online purchasing decisions are a process for consumers to make purchases through an alternative process using the internet media which has very high value benefits. The purpose of this study was to examine the effect of trust, convenience and quality of information on online purchasing decisions in the shopee application among students in the city of Padang. This type of research is a quantitative approach, with a population of students in the city of Padang who have made online purchases in the Shopee application totaling 96 samples using the lemeshow formula measurement. The data analysis technique used instrument test, classical assumption test, and multiple linear regression. The data were processed using multiple linear regression using a questionnaire. The results of this study indicate that the trust, convenience and quality of information partially have a significant effect on online purchasing decisions in the shopee application for students in the city of Padang.

Full Text:

PDF

References


Agustina, M., & Tholok, F. W. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Situs Jual Beli Tokopedia (Studi Kasus Wilayah Tangerang). Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 3, 1–13. https://doi.org/2614-6789

Annisa, D. (2019). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui Aplikasi Shopee ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman 2015 - 2017). Jurnal Administrasi Bisnis, 7(1), 248–261.

Ardyanto, D., Susilo, H., & Riyadi. (2015). Pengaruh Kemudahan Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Survei Pada Konsumen www.petersaysdenim.com). Biological monitoring part V-Preference and avoidance studies, 22(1), 1–8. https://doi.org/10.1016/0043-1354(82)90189-0

Ashari, R., & Widayanto, W. (2019). Pengaruh Kepercayaan Dan Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Sikap Pengguna Pada Situs Belanja Online Lazada.Com. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Asosiasi Penyelenggara Internet Indonesia. (2018). Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia Tahun 2018. Apjii, 51. www.apjii.or.id

Devi, L. kurnia intan. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee. Skripsi.

Gunawan, H., & Tiyas, A. K. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Daring Di Aplikasi Bukalapak Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Batam. Journal of Applied Business Administration, 2(1), 152–165. https://doi.org/10.30871/jaba.v2i1.763

Hartaroe, B. P., Mardani, R. M., & Abs, M. K. (2016). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualitas Informasi Transaksi Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Situs Bukalapak (Study Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNISMA Yang Pernah Melakukan Pembelian Online Di Situs Bukalapak.com). e – Jurnal Riset Manajemen PRODI MANAJEMEN, 82–94.

Hermanto, W. (2016). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Abstrak, 1–18.

Hidayat, I., Arifin, R., & Priyono, A. A. (2017). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Harga Dan Kualitas Informasi Penggunaan E-Commece Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Situs Bukalapak.Com. E–Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Unisma, 6(3), 64–78. www.fe.unisma.ac.id

Hughes, R. (2008). Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Informasi, Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Pelanggan Online Shop Shopee Di Kota Yogyakarta). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 287. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Iswara, D. (2016). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi, Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Pengguna Media Sosial Instagram Di Kota Yogyakarta). Program Studi Manajemen - Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, 41.

Masalah, A. L. B. (2009). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Situs Shopee. Journal information, 10(10), 1–16.

Mulyadi, A., Eka, D., & Nailis, W. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Online Lazada. Jembatan, 15(2), 87–94. https://doi.org/10.29259/jmbt.v15i2.6656

Nawangsari, S., & Karmayanti, Y. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Media Sosial Instagram (Studi Kasus Pada Online Shop YLK.Store). Konferensi Nasional Sistem Informasi STMIK Atma Luhur Pangkalpinang, 15(2), 61–67. https://doi.org/10.29259/jmbt.v15i2.6656

Pudjihardjo, M. C., & Wijaya, H. (2015). Analisa Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi, Dan Tampilan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Pemasaran Di Media Sosial (Studi Pada Pengguna Media Sosial Di Shapeharve). Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 3(2), 364–379. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-perhotelan/article/view/3535

Puspitawati dan Anggadini (2011:57). (2019). Bab II Landasan Teori. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Rahmawati, L., & Nikmah, F. (2019). Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Situs Www.Traveloka.Com. Jurnal Aplikasi Bisnis, 5(1), 125–128. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Romla, S., & Ratnawati, A. (2018). Keputusan Pembelian E-Commerce Melalui Kemudahan Penggunaan, Kualitas Informasi Dan Kualitas Interaksi Layanan Web. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 19(1), 59–70. https://doi.org/10.30659/ekobis.19.1.59-70

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif & kualitatif. In CV Alfabeta, Bandung.

Wardoyo, W., & Andini, I. (2017). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Mahasiswa Universitas Gunadarma. Jurnal Manajemen Dayasaing, 19(1), 12. https://doi.org/10.23917/dayasaing.v19i1.5101

Wijaya, C., & Kempa, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian Produk Fashion Di Lazada Chandra. AGORA Vol. 6, No. 2 (2018), 6(2), 1–6.

Yuliawan, E. (2018). Analisis Pengaruh Faktor Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualias Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop Zalora Indonesia (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen STIE Mikroskil Medan). Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 12(1), 34–49. https://doi.org/10.33558/optimal.v12i1.1016

Yunita, R. D., Yulianeu, Tri, A. H., & Gagah, E. (2016). Pengaruh kepercayaan konsumen, kemudahan dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian secara online dengan minat beli sebagai variabel intervening (Studi pada pengguna situs jual beli Bukalapak.com). Journal Ilmiah, 1, 1–7.

Yusra, I., & Nanda, R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Lokasi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cafe Kinol Bistro N’Poll Di Kota Padang. Jurnal Pundi, 3(3), 161–170. https://doi.org/10.31575/jp.v3i3.173




DOI: https://doi.org/10.31575/jp.v4i3.336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL PUNDI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

DITERBITKAN OLEH SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI KBP

JL. KHATIB SULAIMAN NO. 61 PADANG SUMATERA BARAT

TELP  : (0751) 7051398 / 0811667831
Email : support@akbpstie.ac.id
WEB   : www.akbpstie.ac.id

Hak Cipta (c) 2018 oleh  Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KBP - Jurnal Pundi
Creative Commons License

 

Indexed in :