PENGARUH KEPERCAYAAN PELANGGAN DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN HIKECY KERUPUK SINGKONG PADA GALLERY HIKECY SAWAHLUNTO

Fhadell Trio Putra, Febsri Susanti

Abstract


 

               Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) are a sector that is currently receiving special attention from the government. The existence of MSMEs cannot be eliminated or avoided in the development of a region. This study aims to determine the effect of customer trust and service quality on customer loyalty to Hikecy Cassava Crackers Products at the Hikecy Sawahlunto Gallery. Determination of the sample was carried out using a Stratified Random Sampling sample with a total of 98 customers as respondents. Data was collected by distributing questionnaires and then analyzed using descriptive statistics and Independent-Sample T-Test with SPSS version 16. The results of data analysis showed that Customer Trust, Tangibles, Reliability and Responsiveness were the main factors that determined the level of customer satisfaction. Meanwhile, Assurance and Emphaty have a less dominant contribution to customer loyalty.   Keywords        : Customer Trust, Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy and Customer Loyalty.

 


Full Text:

PDF

References


Alfi Syahri Lubis. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Sucofindo Batam. Journal of Applied Business Administration, Vol.1(No.2).

Aryawan Tri Raharja. (2015). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Nasabah PT. Prudential Life Assurance Semarang). Diponegoro Journal of Management, Vol.4(No.1).

Astuti. (2020). Pengaruh Service Excellent Customer Servive Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan BSM di Bank Syariah Mandiri KC Jatinangor. Shidqia Nusantara Jurnal Keuangan & Perbankan Syariah, Vol.1(No.1).

Doni Marlius. (2018). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Website Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada STIE “KBP.” Jurnal Ipteks Terapan Research of Applied Science and Education, Vol.12(No.2).

Fasochah dan Harnoto. (2013). Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Mediasi (Studi pada RS Darul Istiqoma Kaliwangu Kendal). Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi No.34 Th.XX.

Febsri Susanti. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan , Studi Kasus Pada Perusahaan JNE Cabang Padang.

Felita Sasongko. (2013). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Ayam Penyet Ria. Jurnal Strategi Pemasaran, Vol.1(No.2).

Ghozali, I. (2013). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS.” Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjdoaDEzfD1AhV173MBHSHJDtAQFnoECAgQAQ&url=http%3A%2F%2Fscholar.google.co.id%2Fcitations%3Fuser%3DkbmkIQQAAAAJ%26hl%3Den&usg=AOvVaw0nXn45w5VriziqXlPNgOIo

Gisyel Angely. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Service Pada PT. Astra International Tbk. – Daihatsu Malalayang. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol.8(No.2).

Hardiansyah. (2013). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Media, Gava.

Intan Wahyu Ningsih. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Kisel (Anak Perusahan PT Telkomsel) Medan. Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen, Vol.3(No.1).

Jason Soenaryo. (2015). Analisis Pengaruh Responsiveness, Reliability, Assurance, Emphaty dan Tangible Agen PT AJ Sequislife Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Cabang Surabaya. AGORA, Vol.3(No.1). https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/2711

Kasmir. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Depok:PT Rajagrafindo Persada.

Kevin Simon. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Surya Nalendra Sejahtera Tours & Travel. Jurnal Performa : Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, Vol.1(No.3).

Nadia Afrilliana. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Grab di Kota Palembang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran Dan SDM, Vol.1(No.2).

Nurhadi. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan dan Kesetiaan KOnsumen. Jurnal Economia, Vol.14 No. file:///C:/Users/user/Downloads/13130-48974-1-PB-1.pdf

Panjaitan, J. E. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada JNE Cabang Bandung. DeReMa Jurnal Manajemen, Vol. 11, No 2.

Purnomo Edwin Setyo. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen “Best Autoworks.” Jurnal Performa, Vol.1(No.6).

Richa Mega Puspita. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Pendukung Terhadap Kepuasan Pelanggan Stasiun Lempuyangan Yogyakarta. Jurnal Riser Ekonomi Dan Bisnis, Vol.13(No.1).

Suroyo. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik dan Kedisiplinan Dosen Terhadap Kepuasan dan Prestasi Belajar Taruna Politeknik Pelayaran Sorong. EDUKATIF Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol.4(No.2).

Tarsani. (2016). Peran Customer Service Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Melalui Pendekatan Komunikasi Antar Pribadi ( Studi kasus pada Customer Service GraPari Telkomsel Gandaria ). Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, Vo.2(No.1).

Wibowo. (2018). Determinasi Kualitas Pelayanan: Reliabilithy, Assurance, Tangible, Emphaty, Responsiveness Terhadap kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada J&T Express Lamongan). Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen, Vol.3(No.2).

Wijayanti. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan. Jurnal Ekonomi Paradigma, 19(02).

Yola Adelia. (2019). Peranan Customer Service dalam Meningkatkan Kepuasan Nasabah pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Cabang Medan Iskandar Muda. Universitas Sumatera Utara.

Zakiyah Zulfa Rahmah. (2022). Strategi Peningkatan Pemasaran Melalui Media Sosial Terhadap UMKM di Desa Kintelan (Studi Kasus UMKM di Desa Kintelan Kelurahan Puri Kabupaten Mojokerto). Jurnal BUDIMAS, Vol.4 No.1. file:///C:/Users/user/Downloads/3081-14242-1-PB.pdf

Zandy Pratama Zain. (2021). Dampak Reliability dan Responsiveness Terhadap Kepuasan Pelanggan di SPBU Gowa. Management Departement, UIN Alauddin Makassar, Indonesia, Vol.2(No.1).




DOI: https://doi.org/10.31575/jp.v7i2.502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL PUNDI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

DITERBITKAN OLEH SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI KBP

JL. KHATIB SULAIMAN NO. 61 PADANG SUMATERA BARAT

TELP  : (0751) 7051398 / 0811667831
Email : support@akbpstie.ac.id
WEB   : www.akbpstie.ac.id

Hak Cipta (c) 2018 oleh  Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KBP - Jurnal Pundi
Creative Commons License

 

Indexed in :