Analisis Tingkat Kesesuaian Perhitungan HPP dengan Metode Job Order Costing pada Lharissa Bakery Kota Probolinggo

Afrila Eka Mayangsari, Sri Kantun, Tiara Tiara

Abstract


Perkembangan perusahaan roti yang termasuk bagian dari industri kecil cukup mengalami peningkatan, sehingga menimbulkan adanya persaingan antar perusahaan sejenis. Persaingan tersebut menuntut perusahaan roti untuk menekan harga pokok produksi agar tetap dapat bertahan. Harga pokok produksi sendiri menjadi salah satu komponen penting bagi perusahaan roti. Perhitungan harga pokok produksi terbagi menjadi 2 metode, yakni metode Job Order Costing dan Metode Process Costing. Perusahaan roti yang menerapkan proses produksi berdasarkan metode Job Order Costing harus menghitung harga pokok produksi sesuai dengan selera atau keinginan pemesan. Lharissa Bakery Kota Probolinggo salah perusahaan roti yang menerapkan proses produksinya berdasarkan pesanan. Lharissa Bakery dalam menghitung harga pokok produksi sudah menggunakan metode Job Order Costing. Metode Job Order Costing yang mencakup biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis tingkat kesesuaian penerapan metode Job Order Costing yang dilakukan oleh Lharissa Bakery Kota Probolinggo dengan membandingkan standar yang sesuai dengan metode Job Order Costing.

            Penelitian ini menggunakan metode evaluatif dengan penentuan lokasi menggunakan metode purposive area. Subjek penelitian ini adalah Lharissa Bakery Kota Probolinggo dan data-data yang dibutuhkan pada penelitian ini terdiri dari dua diantaranya data utama yang diperoleh dari metode dokumen serta data pendukung diperoleh dari hasil wawancara dan observasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis evaluatif dengan cara membandingkan data yang didapatkan dari lapangan dengan standar yang ada.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kesesuaian penerapan metode JOC dalam menghitung HPP yang dilakukan oleh Lharisa Bakery Kota Probolinggo sebesar 50% serta nilai HPP yang menimbulkan selisih kurang dari perhitungan HPP berdasarkan standar. Selisih tersebut sebesar Rp99.470, yang diperoleh dari hasil perhitungan HPP yang dilakukan oleh Lharisa Bakery Kota Probolinggo sebesar Rp2.591.049 dengan hasil perhitungan HPP sesuai standar sebesar Rp2.690.789. Hasil penerapan dan perhitungan tersebut dapat dilihat bahwa Lharisa Bakery Kota Probolinggo kurang tepat. Hasil perhitungan yang tepat, dapat diperoleh apabila Lharissa Bakery Kota Probolinggo memasukkan seluruh biaya secara proporsional sesuai dengan standar metode JOC yang ada.


Full Text:

PDF

References


Alfarisi, S. & Boediono, Gideon Setyo Budiwitjaksono (2021) ‘Evaluasi Penerapan Job Order Costing dalam Penentuan Harga Pokok Produksi (Studi Kasus pada CV. Adi Guna Utama)’, SBAMER - Small Business Accounting Management and Entrepreneurship Review, 1(1), pp. 46–55.

BPS (2022) Rata-rata Pengeluaran Perkapita Seminggu Menurut Kelompok Makanan Minuman Jadi Per Kabupaten Kota. Available at: https://www.bps.go.id/indicator/5/2123/1/rata-rata-pengeluaran-perkapita-seminggu-menurut-kelompok-makanan-minuman-jadi-per-kabupaten-kota.html

Bustami, Bastian & Nurlela (2013) Akuntansi Biaya. Edisi 4. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Dunia, Firdaus Ahmad, Wasilah, A. & Sasongko, C. (2019) Akuntansi Biaya. Edisi 5. Jakarta Selatan: Salemba Empat.

Harahap, Baru & Tukino (2020) Akuntansi Biaya. Edisi 1. Batam Kepulauan Riau: Batam Publisher

Harnanto (2017) Akuntansi Biaya - Sistem Biaya Historis. Edisi 1. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Hayat, Zidna Farihah & Sulistiyo (2019) ‘Perhitungan Harga Pokok Produksi dengan Metode Harga Pokok Pesanan pada CV. Mitra Bisnis Anda’, Jurnal Aktual Akuntansi Keuangan Bisnis Terapan, 2(1), pp. 1–6.

Iryanie, E. & Handayani, M. (2019) Akuntansi Biaya. Banjarmasin: Poliban Press.

Maruta, H. (2017) ‘Akuntansi Aktiva Tetap Berwujud’, JAS (Jurnal Akuntansi Syariah), 1(1), pp. 63–94.

Mulyadi (2015) Akuntansi Biaya. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen.

Patimah, Siti, dkk (2022) Akuntansi Manajemen. Padang Sumatera Barat: PT Global Eksekutif Teknologi

Pratama, Fidya Arie (2016) Akuntansi Biaya. Yogyakarta: K-Media.

Probolinggokota.go.id (2022) Harga Bahan Pokok (Versi SISKAPERBAPO). https://probolinggokota.go.id/informasi-publik/ekonomi/harga-bahan-pokok-versi-siskaperbapo

Sujarweni, V. Wiratna (2019) Akuntansi Biaya Teori Dan Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Widoyoko, E. P. (2013) Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zen, Zulkarnain Moeshak & Widodo (2016) ‘Perhitungan Harga Pokok Produksi dengan Metode Job Order Costing pada PT. ABC’, Jurnal Akuntansi Bisnis, 3(1), pp. 1–16.




DOI: https://doi.org/10.31575/jp.v8i1.516

Refbacks



Copyright (c) 2024 JURNAL PUNDI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

DITERBITKAN OLEH SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI KBP

JL. KHATIB SULAIMAN NO. 61 PADANG SUMATERA BARAT

TELP  : (0751) 7051398 / 0811667831
Email : support@akbpstie.ac.id
WEB   : www.akbpstie.ac.id

Hak Cipta (c) 2018 oleh  Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KBP - Jurnal Pundi
Creative Commons License

 

Indexed in :