DAMPAK PERSEPSI HARGA, CITRA MEREK DAN SERTIFIKASI HALAL DALAM MENCIPTAKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN INDOMIE

Sri Wahyuningsih, Ayu Nurafni Octavia

Abstract


The aim of this research is to analyze the influence of price perception, brand image and halal certificate on the purchase decision Indomie brand instant noodles at the Warmindo “Purie” stall in Grobogan Regency. The population of this research is consumers who buy Indomie brand instant noodles at the Warmindo Purie stall, Jl. Pilang Kidul, Gubug District, Grobogan Regency whose numbers and numbers cannot be predicted. The sample taken was 96 consumers. The type of data used is primary data. The data collection method uses a questionnaire. Meanwhile, the analysis technique used is multiple regression analysis by carrying out the t-test and coefficient of determination. The results of the analysis show that: Price perception is proven to have a positive and significant effect on purchase decision. Brand image is proven to have a positive and significant effect on purchase decisions. Halal certificates have been proven to have a positive and significant effect on purchase decisions

Full Text:

PDF

References


Akmar M., Muh., Deby Rita Karundeng & Mohamad Afan Suyanto. (2021). Pengaruh Bauran Promosi, Harga, Display Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Apotek Anugerah Farma Di Kota Gorontalo. Mabsya: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 3(1), 75-91. Universitas Gorontalo. Gorontalo. Sulawesi Utara.

Amirullah. 2021. Prinsip-Prinsip Manajemen Pemasaran: Disusun Sesuai Rencana Pembelajaran Semester. Indonesia Pustaka. Sidoarjo.

Andriani, Nurita. 2023. Manajemen Merek: Strategi dan Pengembangannya. Cetakan Pertama. Eureka Media Aksara. Purbalingga.

Arifin, Atwal & Desy Setyaningrum. (2022). Analisis Pengaruh Labelisasi Halal, Harga, Promosi, Cita Rasa, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sosis Kanzler Oleh Generasi Milenial (Studi Pada Konsumen Swalayan Indomaret Sragen). Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 10(1). 420-427. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.

Bayu, Dendy Khresna, Gumoyo Mumpuni Ningsih & Livia Windiana. (2020). Pengaruh Labelisasi Halal, Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Chatime. Jurnal Sosial Ekonomi dan Pertanian, 16(3), 239-256. Universitas Muhammadiyah Malang. Malang.

Darmawan, Akhmad, Erna Handayani, Hardianto Wibowo, Naelati Tubastuvi & Bima Cinintya Pratama. (2021). Kewirausahaan : Inovasi Dan Legalitas Bisnis. Cetakan Pertama. UM Purwokerto Press. Purwokerto.

Eaton, Victoria. (2023). Apa Arti Makanan yang Diusakkan?. https://www-goodrx-com.translate.goog/well-being/diet-nutrition/what-does-processed-foods-mean?

Ginting, Nembah Fhilip Hartimbul. 2023. Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama. Yrama Widya. Bandung.

Hermana & Lies Handrijaningsih. (2021). Pengaruh Labelisasi Halal, Citra Merk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mie Instan Impor Di Kalangan Mahasiswa. Universitas Gunadarma Jurnal. 15(2). Hal. 53-62. Jakarta : Universitas Gunadarma.

Ismail, Muhammad Iqbal. (2021). Pengaruh Label Halal, Merek, dan Harga Pada Keputusan Pembelian Obat Bebas di Provinsi Jawa Barat. Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani. 3(1). 1-18. Universitas Paramadina. Jakarta.

Ismaulina & Maisyarah. (2020). Pengaruh Labelisasi-Halal, Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instant Indomie (Studi Kasus Mahasiswa FEBI IAIN Lhokseumawe). Jurnal Manajerial, 12(2), 185-197. IAIN Lhokseumawe. Lhokseumawe. Aceh.

Jeki, Marselius. (2024). Dampak Mengkonsumsi Mie Instan Terlalu Sering. https://rri.co.id/index.php/kesehatan/614428/dampak-mengkonsumsi-mie-instan-terlalu-sering

Kasmir. (2022). Pengantar Metodologi Penelitian : Untuk Ilmu Manajemen, Akuntansi, Dan Bisnis. Edisi 1. Cetakan 1. Rajawali Pers. Depok.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. (2021). Intisari Manajemen Pemasaran. Edisi I. Cetakan 1. Andi. Yogyakarta.

Lestari, Putri Indah & Agus Supriyanto. (2022). Keputusan Pembelian Mi Samyang Pada Generasi Z: Ditinjau dari Labelisasi Halal, Halal Awareness, Harga, dan Promosi. Journal of Current Research in Business and Economics, 1(2), 12-22. IAIN Kudus. Kudus.

Luthfi, Widhi. (2021). Doyan Mi, Indonesia Jadi Salah Satu Negara dengan Konsumsi Mi Instan Terbanyak di Dunia. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2021/08/10/doyan-mi-indonesia-jadi-salah-satu-negara-dengan-konsumsi-mi-instan-terbanyak-di-dunia

Maulina, Novia, Fathia Faza R, Nabila Asha Rahmita & Yuan Tamara. (202). Pengaruh Label Halal MUI Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Suplemen Kesehatan Oleh Masyarakat Muslim Di Kota Malang. Journal Islamic Pharm, 7(1), 46-51. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang.

Nugroho, Adi Sulistyo & Walda Haritanto. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif dengan Pendekatan Statistika : Teori, Implementasi, & Praktik dengan SPSS. Edisi 1. Cetakan 1. Andi. Yogyakarta.

Oswaldo, Ignacio Geordi. (2024). Siapa Pemilik Indomie yang Mendunia? Ini Orangnya. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-7323888/ siapa-pemilik-indomie-yang-mendunia-ini-orangnya.

Rahmawati, Esti Dwi. 2023. Manajemen Pemasaran. Pustaka Baru Press. Yogyakarta.

Riady, Sherina. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Cokelat L’agie pada PT Surya Abadi Persada di Pontianak. Proceeding Seminar Nasional Bisnis Seri VI 2022, 1-12, Universitas Widya Dharma Pontianak. Pontianak. Kalimantan Barat.

Rofiyandi, Yandi M. (2023). Inisiatif Pangan Indofood Raih Katadata Green Initiative Awards. https://katadata.co.id/berita/nasional/651418ac4c337/ inisiatif-pangan-indofood-raih-katadata-green-initiative-awards

Rozjiqin, Fahrul & Ahmad Ajib Ridlwan. (2022). Pengaruh Label Halal, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Starbucks. Journal of Economics and Business of Aseanomics, 7(1), 61-77. Universitas Negeri Surabaya. Surabaya.

Sayekti, Ignatia Maria Sri. (2024). Indomie Kembali Terpilih sebagai The Most Chosen Instant Noodle Brand in the World. https://pressrelease.kontan.co.id/news/indomie-kembali-terpilih-sebagai-the-most-chosen-instant-noodle-brand-in-the-world.

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. (2020). Pemasaran. Edisi I. Andi. Yogyakarta.

Wahid. (2020). Top Brand Index : Survei Merek Terpanjang di Dunia, https://marketing.co.id/top-brand-index-survei-merek-terpanjang-di-dunia/.

Wandasari, Ni Kadek Ria Dwi, Ni Wayan Eka Mitariani & I Gusti Ayu Imbayani. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Mie Instan Merek Sedaap Di Kota Denpasar. Jurnal Values. 1(3). Hal. 73-85. Denpasar : Bali : Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Wolok, Tineke. (2023). Model Pengembangan Pemasaran Jasa : Cara Mudah dalam Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Cetakan Pertama. Eureka Media Aksara. Purbalingga.

Wijaya, Aden, Feby Arma Putra, Indra Dermawan, Masine Slahanti, Heny Fitriani, Wawan Kurniawan, Udin Samsudin, Sri Rahayu, Luqman Hakim & Aza El Munadiyan. (2023). Manajemen Pemasaran (Marketing Mix 7p Produk Barang Dan Jasa). Cetakan I. Lakeisha. Klaten.

Wulandari, Sri. (2021). Pengaruh Label Halal Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Konsumen. Jurnal Manajemen dan Bisnis Dewantara. 4(1). 21-26. SMA 3 Sidoarjo. Sidoarjo.




DOI: https://doi.org/10.31575/jp.v9i1.580

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 JURNAL PUNDI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

DITERBITKAN OLEH SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI KBP

JL. KHATIB SULAIMAN NO. 61 PADANG SUMATERA BARAT

TELP  : (0751) 7051398 / 0811667831
Email : support@akbpstie.ac.id
WEB   : www.akbpstie.ac.id

Hak Cipta (c) 2018 oleh  Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KBP - Jurnal Pundi
Creative Commons License

 

Indexed in :