Keputusan Pembelian Berdasarkan Kualitas Produk, Harga dan Promosi

Doni Marlius, Septina Putri

Abstract


Marketing is an important factor in company development. Marketing must always be upgraded and updated, which of course cannot be separated from the needs and desires of consumers. The purpose of this study is to analyze the effect of product quality, price and promotion on purchase decisions in the Fast Computer Store At Padang City. The method used is multiple linear regression analysis. The study population of 259 consumers and samples used by 72 respondents with slovin formula. The result shows that the variable of product quality have significant and negative impact toward purchasing decisions; the variable of prices have significant and negative impact toward purchasing decisions and the variable of promotion have significant and positive impact toward purchasing decisions.

Full Text:

PDF

References


Ali, Hasan . (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta. CAPS (Center For Academic Publishing Service)

Evelina, N., DW, H., & Listyorini, S. (2012).Pengaruh Citra Merek,Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkomflexi. (c), 1–11.

Fetrizen, & Aziz, N. (2018).Analisis Pengaruh Kualitas Produk,Harga, Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan(AMDK) Merek Aicos Produk PT.Bumi Srimas Indonesia. 1–9.

Gerung,C, J., Sepang, J., & Loindong, S. (2017).Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan X-Trail PadaPT. Wahana Wirawan Manado. 5(2), 2221–2229.

Kotler, Philip & Armstrong, Garry. (2008).Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1,. Erlangga, Jakarta

Kotler & Keller. (2009).Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13 Jakarta: Erlangg.

Kusuma, R. C. S. D., Walenta, A. S., Yasa, N. N. K., Mayliza, R., Suhendar, A. D., Permatasari, R. W., ... & Sari, L. F. (2023). Pengantar Manajemen Bisnis.

Laila, E. J. (2018).Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jilbab Rabbani Di Butik Qta Ponorogo. Jurnal Pendidikan Tata Niaga.

Lotulung, S. ., Lapian, J., & Moniharapon, S. (2015).Pengaruh Kualitas Produk,Harga,dan WOMTerhadap Keputusan Pembelian Handphone Evercoss Pada Cc. Tristar Jaya Globalindo Manado. 3(3), 817–826.

Mahanani, Estu. (2018).Pengaruh Citra Merek,Kualitas Produk, Harga Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mataharimall.com. Jurnal Humaniora.

Marlius, D., & Syahrin, A. (2024). Pengaruh Promosi Jabatan, Disiplin Kerja, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Cabang Padang. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 17(2), 1338-1351.

Marlius, D., & Anwar, F. (2023). Pengaruh Brand Image, Brand Trust dan Company Reputation Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Pundi, 7(2), 185-200.

Marlius, D., & Yulita, W. (2024). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Pengawasan, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Bupati Solok Selatan. Ensiklopedia of Journal, 6(3). 271-280.

Marlius, D., Susanti, F., Fernos, J., & Harmen, A. A. (2023). Kinerja Pegawai Dilihat Dari Komunikasi Organisasi Dan Lingkungan Kerja. Creative Research Management Journal, 6(2), 112-125.

Marlius, D., & Melaguci, R. A. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT Semen Padang Departement Sumber Daya Manusia. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 17(2), 1168-1180.

Marlius, D., & Friscilia, T. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada BMT Taqwa Muhammadiyah Cabang Pasar Raya Padang. Jurnal Pundi, 8(1).

Saputra, S. W., & Marlius, D. (2024). Pengaruh Beban Kerja, Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PDAM Tirta Sanjung Buana Sijunjung. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 17(2), 1181-1194.

Masda, P. G. (2015). Pengaruh Inovasi Produk & Harga terhadap Keputusan Pembelian Galamai di Kota Payakumbuh. Equilibrium JurnalEkonomi Syariah, 17(1), 1–6.

Nugroho, N. T. (2015). Analisis Pengaruh Kualitas Produk,Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral Kemasan. 8(April), 2086–9436.

Pandensolang, J., Tawas, H. (2015). Pengaruh Diferensiasi, Kualitas Barang Dan Nilai Merek Coca-Cola Terhadap Pilihan Beli Di Pt. Bangun Perusahaan Minuman Wenang di Manado. ISSN 2303-11

Prayatna, A., Jawas, C. (2016).Faktor-Faktor Pertimbagan Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Laptop Merek Acer Di Kota Denpasar.

Puspitasari, Angraini. (2017).Analisis PengaruhHarga, Keunggulan Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa FumigasI. Jurnal Bisnis Dan Manajemen.

Sari, R. F., & Marlius, D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada D’sruput Lapai Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1801-1812.

Sofiyana, Syarifah. (2019). Pengaruh Produk, Harga, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Minyak Goreng Sinolin Pada Toko Cakrawala Grosir Di Hessa Kabupaten Asahan. Jurnal Manajemen

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis, pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, Kombinasi, dan R&D.

Tjiptono, Fandy. (2008).Strategi Pemasaran, Edisi 3, ANDI: Yogyakarta.

Utama, Prayusa Widya. (2016).AnalisisPengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Rown Division KotaSurakarta. Jurnal Manajemen.

Walukow, A. L. P., Mananeke, L., & Sepang, J. (2014).Pengaruh Kualitas Barang, Biaya, Kemajuan dan Area Terhadap Pilihan Pembeli di Bentenan Center Sonder Minahasa. Jurnal EMBA, 2(3), 1737–1749.

Wandi, S. (2018).Pengaruh kualitas Produk, Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Bekas Merek Avanza Di Kota Padang. 1–11.




DOI: https://doi.org/10.31575/jp.v9i1.581

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 JURNAL PUNDI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

DITERBITKAN OLEH SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI KBP

JL. KHATIB SULAIMAN NO. 61 PADANG SUMATERA BARAT

TELP  : (0751) 7051398 / 0811667831
Email : support@akbpstie.ac.id
WEB   : www.akbpstie.ac.id

Hak Cipta (c) 2018 oleh  Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KBP - Jurnal Pundi
Creative Commons License

 

Indexed in :