FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI ASURANSI JIWA AJB BUMIPUTERA 1912

Saiful Anwar, Dasniar Dasniar, Romi Susanto

Abstract


ABSTRAK

Peranan asuransi dalam dunia bisnis semakin penting, karena timbulnya risiko tidak dapat diprediksi, sedangkan perusahaan harus jalan terus menerus tanpa mengenal kasihan. Dengan mengorbankan satu permil premi asuransi dapat melindungi 100% kerugian yang terjadi. Perbankan bersedia memberikan kredit a mpabila penerima kredit diasurnasi jiwanya sebesar kredit yang diterimanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh produk, harga, lokasi, dan promosi terhadap keputusan pembelian.

Metode pengumpulan data melalui kuisioner yang didistribusikan kepada 86 konsumen asuransi. Data tersebut dianalisis menggunakan regresi linear berganda.   Hasil penelitian ini membuktikan bahwa harga, lokasi, dan promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian jasa asuransi. Dimana nilai t hitung lebih kecil dari t tabel pada level signifikansi 5% (< 1,99). Sedangkan produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian jasa asuransi. Dimana nilai t hitung lebih besar dari t tabel pada level signifikansi 5% (3,79 > 1,99).


Full Text:

PDF

References


Adam Indrawijaya, 200, Perilaku Organisasi, Sinar Baru Algensindo, Bandung.

Arikunto, Suharsimi, 2002, Prosedur Penelitian, Suatu pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Jakarta.

Azwar Syaifuddin, 1997, Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya, pustaka Pelajar, Yokyakarta.

Enggel J.M. (at. AI), 1990, Consumer Behavior, New York, Holt, Rienhart, and Winston.

Fandy Tjiptono, PhD, 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Andy, Yokyakarta.

Gito Sudarmo, Indriyo, dan i Nyoman Sugita, 2000, perilaku organisasi, Yoyakarta, BP FE-UGM, Yokyakarta.

Gibson, Ivancevis dan Danely, 1998, Organisasi dan Manajemen, Terjemahan, Pt.Erlanggga, Jakarta.

Hadi Sutrisno, 1986, metodologi Risearch, Jilid I,II,III, dan IV, Yayasan Penerbit Fakultas Psychologi UGM, Yogyakarta.

Istijanto, 2005, Aplikasi Praktis Riset Pemasaran, pertama, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Kotler, 2002, Manajemen Pemasaran, Jilid 1,2, Kesepuluh, PT.Ikrar Mmandiri Abadi, Jakarta.

Kotler P. Amstrong G. 2001, prinsip-prinsip Manajemen, Erlangga, Jakarta.

Nurlela, 2007, Tesis Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Keputusan Konsumen Membeli Asuransi Kesehatan di Kantor Askes Cabang Padang.

Thamrin Abdullan , dan Francis Tantri, 2013, Manajemen Pemasaran, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Rismiati CE dan IG. Bondan S. 1999, Pemasaran Barang dan Jasa, Penerbit Kanisus, Jakarta.

Rivai V, 2005, Manajemen SDM untuk perusahaan , edisi kkedua, Pt. Raja Grafindo Persada, jakarta.

Salusu, J. 1996, pengambilan keputusan Strategik Untuk Organisasi Publik dan Organisasi Non Profit, PT. Gramedia, Jakarta.

Setiadi, 2005, Prilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Peneliti pemasaran, Prenada Media, Jakarta.

Siswanto Sutoyo, Kerangka Dasar Manajemen Pemasaran, pustaka Binaman, Pressindo, 1985, Jakarta.

Singarimbun Sutoyo, Masri dan Syofyan Effendi, Metode Penelitian Survai, LP3ES, Jakarta.

Sjahjadi, 2001, Tesis analisis faktor-faktor yang mempengaruhi Keputusan Konsumen Membeli Asuransi Kesehatan Sukarela, di kantor perwakilan cabang Bengkulu.

Sumarni, 1993, Pengantar Bisnis, Liberti, Yokyakart,

Swasta B.Irawan, 1999, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yokyakarta,

Vetrizal Rivai, 2002, Kepemimpinan dan Perilku Organisasi, Rajawali Pres, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31575/jp.v1i1.7

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL PUNDI



DITERBITKAN OLEH SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI KBP

JL. KHATIB SULAIMAN NO. 61 PADANG SUMATERA BARAT

TELP  : (0751) 7051398 / 0811667831
Email : support@akbpstie.ac.id
WEB   : www.akbpstie.ac.id

Hak Cipta (c) 2018 oleh  Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KBP - Jurnal Pundi
Creative Commons License

 

Indexed in :