KEPUTUSAN PEMBELIAN BERDASARKAN FAKTOR PSIKOLOGIS DAN BAURAN PEMASARAN PADA PT. INTERCOM MOBILINDO PADANG

Doni Marlius

Abstract


Keputusan pembelian menjadi suatu hal yang penting untuk diperhatikan karena hal ini tentu akan menjadi suatu pertimbangan bagaimana suatu strategi pemasaran yang akan dilakukan oleh perusahaan berikutnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh faktor psikologis dan bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian konsumen pada PT. Intercom Mobilindo Padang. Sampel yang digunakan 86 orang, dengan metode analisis adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian membuktikan bahwa faktor psikologis secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Pengujian menunjukan bahwa t hitung<t tabel (1,155 <1,98). Sedangkan bauran pemasaran secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Pengujian menunjukan bahwa nilai t hitung>t tabel (7.046>1.98). Pengujian secara simultan menunjukan nilai F hitung>F tabel (45,455>3,11) dengan tingkat signifikan 0,000<0,05. Dengan demikian factor yang mempengaruhi keputusan pembelian adalah bauran pemasaran.

Full Text:

PDF

References


Adhi, I. A., Shanti, P., & NP., M. G. W. E. (2016). Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Berkunjung, 30(1), 35–43.

Haryanto, E. (2013). Kualitas Layanan, Fasilitas dan Harga pengaruhnya terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Layanan pada Kantor Samsat Manado. Jurnal EMBA, 1(3), 750–760.

Hidayat, Z., & Taufiq, M. (2012). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja serta Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Daerah Air Minum ( PDAM ) Kabupaten Lumajang, 2(1), 79–97.

Koesoemaningsi, R. (2013). Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologi Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Pendidikan Pada Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Soerjo Ngawi, 13(2).

Kotler, P. (2000). Marketing Management , Millenium Edition. Marketing Management, 23(6), 188–193. https://doi.org/10.1016/0024-6301(90)90145-T

Mandey, J. B. (2013). Promosi, Distribusi, Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Surya Promild. Promosi, Distribusi, Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Surya Promild, 1(4), 9. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Munadi, F. A., Ekonomi, F., & Gunadarma, U. (2008). Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Kendaraan Motor pada CV Turangga Mas Motor. Journal of Economics, 1–14.

Suhari, Y. (2008). Keputusan Membeli Secara Online dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Dinamik-Jurnal Teknologi Informasi, XIII(2), 140–146. Retrieved from http://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti1/article/download/79/74

Supriyanti, H. (2012). Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol.1 No.8 (2012) 1, 1(8), 1–23.

Wangko, M. C. . (2013). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Panther Pada Pt Astra Internasional – Izuzu Manado. Jurnal EMBA, 1(3), 541–549.




DOI: https://doi.org/10.31575/jp.v1i1.9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL PUNDI



DITERBITKAN OLEH SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI KBP

JL. KHATIB SULAIMAN NO. 61 PADANG SUMATERA BARAT

TELP  : (0751) 7051398 / 0811667831
Email : support@akbpstie.ac.id
WEB   : www.akbpstie.ac.id

Hak Cipta (c) 2018 oleh  Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KBP - Jurnal Pundi
Creative Commons License

 

Indexed in :